Sunday, November 26, 2006

Blogger Comes Back

Hey, sudah lama juga aku tak kemari :D

Ceritanya kemaren sedang survey2 template engine, buat kerjaanku. Wordpress di iffata.info masih suka kupreteli. Tapi jenuh juga jika target oprekannya itu2 melulu. Terlebih host iffata.info belakangan suka bertingkah aneh. Mau troubleshoot tak bisa, aksesku terbatas di sana. Dan, ingat 'kan ya: hanya ada cpanel, tak ada akses cangkang favoritku. So, account blogger yang sempat terbengkalai inipun jadi target baru.

Agar bisa segera eksperimen, penuh semangat aku migrasi ke Blogger beta. Blogger beta ini menggunakan account Google (ah, Google lagi, jadi ingat pembicaraan kemaren). Artinya, bagi yang sudah ber-Google-ria dapat langsung login. Sedangkan bagi yang belum terkontaminasi Google (eh, ada?) tetap dipermudah, Blogger dengan manis menyediakan fasilitas: create a new one.

Blogger baru ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan yang lalu, tapi waktu itu aku belum sempat dan belum begitu minat eksplorasi. Ok, sekarang sepertinya para blogger bisa menikmati lagi kembali ke sini. Sudah ada fitur kategori untuk posting kita, cuma di sini disebut "Label". Lalu, ini juga yang lumayan kusuka, ada kontrol terhadap siapa yang dapat berkontribusi ataupun membacai blog kita. Lewat invitation, by mail. Mau kuinvite? :D
Trus ... mau menggabungkan account Blogger yang classic dengan yang beta? Bisa. Jadinya seluruh blog kita bisa diatur tetap di satu dashboard saja.

Blogger beta juga berusaha fleksibel. Bagi yang pura2 awam dan tak mau keriting melihat script, disediakan editor template. Tinggal drag-drop-edit, Widget banget. Sedangkan bagi yang terlanjur keriting dan lebih suka utak-atik script kayak aku, tetap diijinkan memodifikasi serta insert script untuk penyertaan third-party functionality.


Oya, bicara mengenai third party functionality, bangun tidur tadi aku langsung ditawari Rendo berlangganan ke site dia. Kubilang udah, karena emang sudah subscribe feednya jauh2 hari. Ternyata yang dia maksud adalah berlangganan layanan terpadu FeedBlitz.
Yup, kutambahkan deh ke sini.


Jadi, apa yang ditawarkan FeedBlitz?
FeedBlitz ternyata menawarkan monitoring terpadu terhadap kunjungan di sekian blog kita, terhadap publish dan langganan sekian RSS feed, plus konversi feed dan update blog tersebut menjadi email digest untuk dikirim ke inbox kita. Dan, hey, semua monitoring tadi bisa dilakukan anonymously >:)

Oya, selain berjanji akan mengurusi proses subscription, circulation tracking, dan testing, FeedBlitz juga menjanjikan kompatibilitas dengan blogging platform dominan seperti Blogger, Typepad dan FeedBurner. Mmm ... kompatibel juga tidak ya dengan sistem baruku? ;)

No comments: