Thursday, November 30, 2006

Wabah Blog

Menjadi asisten di kuliah Konsep Teknologi yang diajar oleh Bapak menyenangkan juga. Terutama semester ini.

Ada banyak alasan, di antaranya adalah faktor usia. Tidak, saya tak sedang membahas mengenai kerutan2 di wajah. Melainkan tentang Ragil yang juga mulai kuliah tahun ini. Artinya, para peserta kuliah KonTek ini sebaya dengan adik bungsu saya itu. Menyenangkan karena jadi terasa seperti mengawasi adik sendiri.

Alasan kedua adalah blog. Tak seperti semester kemaren, yang tugas2 kuliah para mahasiswa dibuat di buku, semester ini mereka diwajibkan mem-publish tugas di blog. Lega. Saya jadi bisa lepas dari tumpukan tebal buku2, plus tak lagi harus berkerut kening gara2 membacai tulisan keriting.

Tapi, tak hanya itu, menurut saya cara ini sangat baik bagi mereka. Bidang yang mereka pilih terkait erat dengan teknologi. Apalagi judul kuliah wajib ini :) Berkenalan dan mengelola blog sendiri, saya rasa, merupakan langkah awal yang bagus bagi mereka untuk mulai menyelami lautan teknologi. Dan selain blog, mereka juga disuruh ikut milis dan forum kuliah. Artinya harus punya alamat email. Satu pengkondisian lagi. Pengkondisian2 ini seharusnya dapat mendorong para mahasiswa baru yang memasuki ITB dalam kondisi gaptek, seperti saya dulu, agar jangan sampai tertinggal jauh dari teman2nya yang terlanjur techie.

Dan benar saja, di awal semester ini, saya sempat mengirimkan email pada para mahasiswa yang tidak mencantumkan alamat blognya di buku tugas. Responnya beragam. Ada yang mengirimkan suatu@suatu, yang jelas bukan alamat blog. Ada yang balik bertanya: blog itu apa, dan bagaimana agar dia punya alamat blog seperti yang saya minta? Ada juga yang berhasil membuat blog, sayapun berhasil mengaksesnya, tapi kosong, karena ybs. tak tahu bagaimana mengisinya. Lalu ada pula yang alamat emailnya ternyata tidak benar, sekian bounce message pun ada di inbox. Tapi syukurlah, kebanyakan mereka berani bertanya. Tak perlu sungkan atau malu bertanya, ya dek. Worst case: tidak dijawab ;) tapi, takkan disengaja. Saya usahakan selalu menjawab kok, meski kadang telat.

Nah, karena harus memeriksa tugas2, saya tentu jadi sering mengunjungi blog mereka. Beberapa di antara mereka tampak mengkhususkan blog tersebut hanya untuk submit tugas. Tapi beberapa lainnya ada yang juga menuliskan hal2 lain, mulai dari curhat, opini, hingga yang berbau eksplorasi.

Oya, buat adik2 peserta KonTek, jika ingin mengenal blogging lebih jauh, atau ingin meningkatkan skill blogging-mu:
Sabtu-Minggu ini ada acara Blog Fun Day di Sabuga.
Kalau lagi luang, mampir deh ya. Semoga berikut2nya saya jumpai blog2 kalian makin oke punya :)

Blog Fun Day
Sip. Go on, guys :)

[Update 03 Des 2006]

Bagi yang tidak sempat hadir (kabarnya ada acara pengenalan jurusan di waktu yang sama), ulasan mengenai acara tersebut dapat anda baca di blog para pembicara: Ikhlasul Amal, Kuncoro Wastuwibowo, Budi Putra.

Dan seperti judul acaranya, it's indeed fun :)

1 comment:

Anonymous said...

Ya, blog adalah wabah yang akan mendatangkan banyak manfaat -- yang mungkin tak terbayangkan oleh kita semua. Apa itu? Lihat saja nanti: yang penting, mulailah ngeblog...